Aksesoris Tambahan Tali ID Card Yang Memaksimalkan Fungsinya

Aksesoris Tambahan Tali ID Card Yang Memaksimalkan Fungsinya

November 14, 2018 Off By superadmin

Sebuah tali baru bisa disebut sebagai Gantungan tali id card bila sudah dilengkapi dengan sejumlah aksesoris pendukung. Jadi bukan sekedar seutas tali yang dapat dikalungkan ke leher saja. Aksesoris pendukung tersebut ada untuk mempermudah penggunanya dalam menggantungkan kartu tanda pengenal.

Tentu saja kita tidak mungkin mengikatkan begitu saja tali ini pada ID card kita. Tali gantungan yang benar – benar sudah siap digunakan, secara praktis tidak membuat kita pusing soal bagaimana memanfaatkannya.

 

Tiga Aksesoris Utama Pada Tali ID Card

Nah, minimal harus ada setidaknya tiga buah aksesoris pendukung yang wajib menyertai lanyard. Ketiganya antara lain adalah, casing, hook, dan stopper. Untuk mengenal fungsinya masing – masing pastikan anda menyimak tulisan ini hingga akhir.

  • Casing

Yang dimaksud dengan casing sebenarnya adalah wadah atau tempat dari ID Card. Melalui aksesoris ini juga lah sebuah kartu khususnya yang tidak memiliki lubang bisa digantungkan pada tali id card. Di pasaran casing id card terbuat dari bahan plastik atau silicon. Bahan plastik yang cenderung kaku menjadikannya sangat kuat untuk melindungi kartu kita. Sedangkan bahan silicon yang lentur memiliki kelebihan tersendiri yaitu tidak mudah pecah.

  • Hook

Di kalangan masyarakat hook lebih akrab disebut dengan kait. Hanya saja bentuknya tidak terbuka seperti kait biasa. Untuk menjaga ID card tidak terjatuh hook atau kait ini dibuat tertutup. Namun terdapat sebuah potongan berpegas yang menjadi semacam pintu untuk memasukan tepi lubang casing ke dalamnya.

  • Stopper

Mungkin di antara kita masih banyak yang kurang familiar dengan nama dari aksesoris tambahan ini, tapi sering kita lihat. Stopper bisa dibilang merupakan semacam komponen yang berguna untuk menghubungkan dua ujung tali yang terpisah. Karena itu stopper terdiri dari dua bagian terpisah yang bisa saling mengunci bila disatukan. Pada lanyard umumnya terdapat tali panjang dan tali pendek. Antara kedua tali inilah dua bagian stopper masing – masing dipasangkan.

Jika dilihat dari fungsinya, ketiga aksesoris di atas saling mendukung satu sama lain. Contohnya kita tidak bisa mencantolkan ID card yang sudah ada di dalam casing tanpa adanya hook. Memang kegunaan stopper tampaknya adalah untuk lebih mengefisiensikan penggunaan tali id card. Dengan stopper kita bisa melepaskan kartu pengenal kita dari tali dengan mudah dan cepat.

Kelebihan ini bisa sangat kita rasakan manfaatnya mana kala ID card kita bertipe magnetic yang membuatnya juga berfungsi sebagai kartu akses. Jika demikian maka kita akan sering melakukan tap kartu pada mesin scan. Nah, disinilah kemudahan memisahkan kartu dari tali gantungan menjadi sangat menyenangkan. Cukup tekan pengunci stopper lalu tarik dan ID card pun terlepas. Langsung saja kita bisa melakukan tap tanpa harus mencondongkan tubuh kita ke mesin scan.