Inilah Alat Pemadat Tanah Dari Manual Hingga Yang Paling Canggih

Inilah Alat Pemadat Tanah Dari Manual Hingga Yang Paling Canggih

November 9, 2018 0 By superadmin

Tahapan pemadatan tanah bisa dilakukan dengan cara menggilas, memukul atau bisa juga dengan cara mengolah tanah. Tahapan pemadatan tanah sangat penting untuk dilakukan dan bukan tanpa tujuan.

Memang dalam proses pemadatan tanah semacam itu sangat merepotkan tetapi hal ini dilakukan untuk meningkatkan kekuatan tanah dan memperkecil pengaruh air terhadap lahan. Tanah yang sudah dipadatkan dengan baik akan memiliki kekuatan dan stabil dalam menompang beban konstruksi.

Hal ini tentu memiliki faktor terselubung yang mempengaruhi pemadatan tanah. Faktor-faktor tersebut meliputi kadar air dalam tanah yang dipadatkan, jenis tanah, luas permukaan yang menerima tekanan dalam proses pemadatan, ketebalan lapisan tanah, dan jumlah lintasan alat pemadat misalnya 10 kali atau 15 kali.

Dari banyaknya faktor tersebut bisa menentukan lamanya proses pemadatan dan peralatan yang digunakan. Misalnya saja faktor lapisan yang dipadatkan. Semakin tebal lapisan, maka dibutuhkan alat pemadat tanah yang semakin berat pula.

Selain itu untuk jenis tanah yang kering, maka proses pemadatan lebih sulit dilakukan. Sebab memerlukan tambahan air dalam proses pemadatan berlangsung agar perolehan kadar air semakin optimal sehingga hasil pemadatan tanah semakin baik.

Peralatan Pemadatan Tanah

Proses pemadatan tanah bisa dilakukan dengan alat bantu. Saat ini tersedia pilihan peralatan pemadatan tanah yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Untuk masing-masing tipe peralatan ini tentu saja memiliki kelebihan dan kekurangan. Dalam hal pemilihan peralatan dapat dilakukan sesuai dengan medan serta kondisi tanah yang akan dipadatkan dan tentunya anggaran yang sudah direncanakan.

Alat Pemadat Dengan Tangan

Alat yang satu ini merupakan alat pemadat manual. Bentuknya sederhana yaitu tersebut dari beton cor yang diberi tangkai. Alat pemadat tangan ini digunakan dengan cara menumbrukkannya ke permukaan tanah yang akan dipadatkan. Alat ini mengandalkan tenaga manusia. Alat pemadat tangan ini sampai saat ini masih digunakan khususnya untuk daerah-daerah terpencil dengan luas lahan yang terbatas. Misalnya pemadatan tanah untuk pondasi rumah sederhana.

Alat Pemadat Silinder Beton

Seperi halnya alat pemadat tangan, alat yang satu ini masih tergolong alat manual. Bentuknya silinder dari beton cor yang dioperasikan dengan cara ditarik menggunakan kerbau, sapi atau kendaran bermotor. Alat pemadat silinder beton juga bisa menjadi pilihan untuk penghematan biaya terutama pada area yang tidak luas.

Stemper Kuda

Alat pemadat tanah ini bisa dibilang cukup canggih jika dibandingkan peralatan dua pemadat tanah manual sebelumnya. Stamper kuda adalah mesin yang dirancang khusus sehingga memiliki daya tekan untuk memadatkan tanah. Kecepatan dan ukuran dari mesin ini bermacam-macam. Begitu juga dengan bahan bakar yang digunakan. Ada yang menggunakan bensin dan ada juga yang memakai solar. Dalam pemadatan tanah dengan mesin ini akan menjadi lebih cepat daripada menggunakan peralatan pemadat tanah manual.

Tandem Roller

Tandem Roller tergolong sebagai alat berat untuk pekerjaan-pekerjaan konstruksi besar seperti jalan raya dan bandara. Alat ini digunakan untuk penggilasan akhir agar permukaan aspal menjadi lebih rata. Sampai saat ini tandem roller tersedia dua poros dan tiga poros. Peralatan canggih ini memiliki bobot 8 ton hingga 14 ton dan menghasilkan lintasan yang sama di setiap rodanya.

Nah, itulah alat-alat pemadat tanah dari yang manual sampai yang canggih. Untuk mendapatkan alat pemadat tanah lainnya bisa kunjungi website saranamutu.co.id. Terima kasih