Mengulas Gaya Minimalis Pada Interior Masa Kini

Mengulas Gaya Minimalis Pada Interior Masa Kini

November 7, 2018 Off By superadmin

Zaman sekarang merupakan eranya segala sesuatu dibuat simple. Berbagai aspek kehidupan kita jika diperhatikan lagi tampak lebih sederhana mulai dari mode pakaian hingga arsitektural gedung Termasuk konsep interior pun tak luput dari hal tersebut. Sebetulnya ini merupakan trend di zaman modern. Orang – orang kerap kali menyebutnya sebagai gaya minimalis. Tapi apa makna sebenarnya dari gaya ini?

 

Mengenal Gaya Minimalis

Walau belum bisa kita sebut sebagai yang paling difavoritkan namun tidak dapat kita sangkal juga bahwa gaya minimalis telah begitu familiar di kalangan masyarakat. Prinsip dasar dari gaya ini adalah ‘mengurangi / menghapus / menghilangkan beberapa bagian yang dianggap tidak perlu sehingga hanya menyisahkan bagian penting.

Prinsip ini diterapkan untuk meningkatkan efektivitas konsep yang diterapkan. Sebagai contoh untuk pengaplikasian konsep minimalis pada interior gedung maka akan terlihat sekali furnitur – furnitur yang dipilih tampak sederhana.

Meski begitu tidak berarti cukup dengan memilih furnitur sederhana kita dapat memperoleh gaya minimalis. Pertimbangan utama sebetulnya terletak pada seberapa efisen fungsi dari perabot tersebut jika diletakan pada satu ruangan.

Pemilihan wallpaper dinding pun turut menyesuaikannya. Tampilan pelapis dinding yang sering dipakai umumnya hanya miliki sedikit sekali motif. Kemudian pilihan warna netral seperti putih dan abu – abu pun dipilih sebagai latarbelakangnya. Karena itu di toko – toko online seperti Greenwallpaper kita akan menemukan banyak pilihan semacam itu. Hal ini dilakukan untuk memenuhi permintaan pasar

 

Ringkasan Sejarah Gaya Minimalis

Awal abad ke 20 mejadi titik dimana gaya minimalis pertama kali terlihat. Kurang lebih di tahun 1920an Van der Rohe sebagai seorang arsitek terkenal di era Pasca Perang Dunia I merupakan orang yang pertama kali mengaplikasikan prinsip minimalis. Setelah itu karya – karya desainnya mulai dijadikan refrensi oleh para arsitek lainnya.

Hingga pertengahan abad ke 20 tren minimalis semakin heboh. Apalagi Buckminster Fuller sukses menciptakan kubah dalam wujud geometris sederhana. Akhirnya gaya ini pun mulai menjalar ke berbagai bidang seperti seni lukis fashion, dan bahkan music.

 

Menghasilkan Gaya Minimalis di Ruangan

 

 

Mungkin diantara kita ada beberapa yang tertarik untuk mengusung gaya minimalis pada interior gedung kita. Sebetul tidak terlalu sulit untuk mewujudkan keinginan tersebut. Ringkasnya langkah – langkah yang perlu kita lakukan adalah:

  • Merenovasi arsitektural gedung

Langkap pertama ini sebenar bersifat opsional. Untuk mendapatkan desain minimalis anda tidak diharuskan merombak arsitek tural gedung.

  • Memilih furnitur minimalis

Furnitur minimalis wajib kita dapatkan jika ingin menata ruangan dengan gaya minimalis. Pilihlah perabotan yang multifungsi contohnya tempat tidur yang di bagian bawahnya terdapat storage.

  • Memilih Produk Dekorasi Minimalis

Seperti yang kami singgung diatas wallpaper dinding minimalis dengan mudah dapat memberikan nuansa minimalis di ruangan anda. Selain itu atribut dekorasi lainny seperti pajangan dinding, lampu hias, dan sebagainya harus dipilih yang memiliki konsep minimalis.