Naik Bus Pariwisata Sering Mabuk? Ini Dia Cara Mencegahnya!

Naik Bus Pariwisata Sering Mabuk? Ini Dia Cara Mencegahnya!

November 8, 2018 0 By superadmin

Saat di perjalanan kamu mungkin pernah mengalami dimana situasi dunia sekeliling kamu terasa seperti terus bergoyang, berputar, dan bergerak. Kepala kamu menjadi pusing dan perut terasa mual-mual. Itulah yang disebut mabuk perjalanan atau mabuk kendaraan. Hal ini biasa terjadi ketika naik bus pariwisata, meskipun ada aktifitas lainnya yang bisa menjadi pemicu mabuk perjalan seperti naik pesawat, naik roller coster, dan lain sebagainya.

Nah, dalam artikel ini saya akan memberikan sejumlah cara yang bisa kamu lakukan untuk mencegah agar tidak mabuk perjalanan.

Menyesuaikan asupan makanan

Kapanpun kamu berpergian dengan sewa bus pariwisata, biasakan untuk selalu makan dulu agar perut tidak kosong, karena jika perut kamu kosong maka produksi asam lambung akan meningkat dan ini akan membuat kamu menjadi mual dan ingin muntah. Sebaiknya kamu makan secukupnya dan jangan berlebihan.

 

Pilih makanan yang tepat

Untuk mengurangi rasa mual-mual yang timbul, sebaiknya kamu mengkonsumsi minuman seperti air jahe atau air hangat, karena minuman tersebut akan membantu menetralisir dan mengurangi rasa mual yang mungkin timbul ketika dalam perjalanan. Hindari juga mengkonsumi makan yang berlemak tinggi, makanan pedas, makanan atau minuman yang terlalu asam, karena itu akan menimbulkan rasa mual.

 

Buat tubuhmu serileks mungkin

Jika kamu sering mabuk perjalanan maka pikiran menjadi tegang karena memikirikan bagaimanan nantinya sampai muntah? Walaupun tahu bahwa kamu sering mabuk kendaraan hindari terlalu banyak pikiran, buat tubuhmu serileks mungkin dan bersandarlah pada kursi dan buat aktifitas seru didalam kabin bus bersama peserta rombongan sehingga mengurabgi timbulnya rasa mual akibat guncangan saat perjalanan.

 

Hindari membaca

Bagi kamu yang mudah sekali mabuk kendaraan sebaiknya hindari membaca buku atau menggunakan gadget untuk melihat pesan atau mengirim pesan atau hal-hal lainnya. Sebaiknya alihkan keinginan mu untuk mendengarkan musik atau mengobrol dengan teman-temanmu.

 

Pilih posisi duduk yang paling nyaman

Jika kamu bisa memilih tempat duduk sebaiknya pilihlah kursi yang tidak membuat kamu menjadi mual. Ada baiknya kamu memilih kursi depan yang dekat dengan driver karena hal ini menghindari guncangan yang berlebihan, hindari duduk di kursi paling belakang karena semakin belakang guncangan akan semakin keras.

 

Minum obat anti mabuk kendaraan

Konsumsi obat anti mabuk kendaraan yang bisa kamu beli sebelum menaiki bus dan minumlah setengah jam sebelum bus yang kamu tumpangi berangkat.

 

Itulah sejumlah cara untuk mencegah mabuk perjalanan. Semoga dengan adanya artikel ini kamu bisa mencegah mabuk perjalanan ketika naik bus pariwisata ataupun aktifitas lainnya seperti naik pesawat, kapal laut, dan transportasi umum lainnya.

Happy travelling!!! Sewa bus pariwisata? Mustika Holiday Aja.