Tips Mengatasi Asap Rokok Untuk Para Perokok Pasif

Tips Mengatasi Asap Rokok Untuk Para Perokok Pasif

November 12, 2018 Off By superadmin

Perokok pasif atau disebut juga secondhand smoker, kini telah dikaitkan dengan peningkatan risiko kanker paru-paru, bronchitis dan penyakit jantung. Menghindari terhadap paparan asap rokok merupakan hal yang harus dilakukan, sebab hal terebut akan memastikan bahwa paru-paru anda akan terbebas dari penderitaan yang diakibatkan efek buruk menjadi perokok pasif.

Saat anda sedang berada diantara para perokok, tentu ana akan menghirup zat kimia berbahaya yang sama dengan perokok tersebut. Menghirup asap rokok pastinya dapat membuat anda merasa sakit. Beberapa penyakit yang ditimbulkan akibat terkena paparan asap rokok tentu bisa mengancam nyawa anda. Untuk itu langkah pemerintah sudah sangat tepat dengan memberikan peringatan dilarang merokok dan membatasi pemakaian tembakau.

Tidak ada batasan aman saat anda menjadi perokok pasif. Ibu hamil, orangtua dan anak-anak yang mempunyai masalah pernapasan dan jantung tentu harus waspada terhadap hal tersebut. Bahkan, dengan berada di sekitar para perokok selama beberapa menit bisa sangat berbahaya bagi kesehatan.

Mengkonsumsi rokok terus menerus justru akan memperberat beban penyakit dan pastinyaakan bertambahnya angka kematian. Sementara itu penyakit terkait rokok bisa menyebabkan defisit keuangan BPJS (Badan Penyelenggara Jaminan Sosial) kesehatan.

Sebuah penelitian telah menunjukan bahwa kerugian makro ekonomi akibat mengkonsumsi rokok di Indonesia pada 2015 mencapai hampir Rp. 600 triliun dan kerugian ini terus meningkat 63% jika dibanding kerugian pada dua tahun sebelumnya.

 

Cara Mengatasi Asap Rokok Di Lingkungan Kerja

Cara Mengatasi Asap Rokok Di Lingkungan Kerja

Berada di lingkungan kerja dengan rekan-rekan perokok tentu embuat anda merasa tidak nyaman Sebab asap rokok sangat berbahaya bagi para karyawan terutama yang tidak merokok. Sementara itu para karyawan mempunyai kemungkinan lebih besar menjadi perokok pasif. Jika ini dibiarkan tentu akan sangat membahayakan dan bisa menyebabkan beberapa tombulnya penyakit.

Berikut ini beberapa cara mengatasi asap rokok di lingkungan kerja, antara lain :

  1. Jangan menggunakan ruangan khusus rokok untuk kegiatan agenda kantor apapun. Sebab ruangan tersebut telah terpapar asap rokok yang sangat berbahaya dan merugikan.
  2. Buatlah program bahaya merokok untuk karyawan agar berhenti merokok.
  3. Sistem ventilasi ruang kantor harus menyediakan pasokan udara 1,6m2/detik untuk perokok dalam ruangan khusus merokok.
  4. Aturlah sebaik mungkin udara yang berasal dari ruangan perokok dan harus dibuang melalui saluran khusus yang tak tersambung dengan saluran udara ruangan lain.
  5. Apabila tempat kerja anda tidak mempunyai peraturan merokok, maka segeralah minta bantuan manajemen yang berkepentingan untuk mengadakan dan membuat peraturan khusus merokok.

 

Nah, demikianlah artikel seputar dilarang merokok. Semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk para pembaca yang budiman. Jika anda membutuhkan informasi lebih lengkap seputar dilarang merokok, dapat membuka tautan di http://www.gosign.co.id.